Pengabdian Masyarakat

17 Februari 2012 | Oleh: Administrator

Jumlah pengabdian masyarakat selama tiga tahun terakhir di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Indragiri berjumlah 9 Kegiatan. Jumlah kegiatan ini masih sangat kurang, hal ini disebabkan oleh :
a. Kurangnya kesempatan untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat.
b. Kurangnya dana untuk melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat.

Pelayanan atau pengabdian kepada masyarakat adalah penerapan bidang ilmu untuk menyelesaikan masalah di masyarakat dan pemerintahan. Kegiatan pengabdian masyarakat di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Indragiri memiliki jumlah dan intensitas juga relatif rendah, bahkan jauh lebih rendah daripada kegiatan penelitian. Hal ini antara lain disebabkan oleh :

  • Untuk melakukan pengabdian harus melalui kompetisi dalam mendapatkan dana baik di Universitas maupun fakultas.
  • Untuk keperluan kenaikan pangkat dipersyaratkan minimal, kredit point bagi kredit pengabdian masyarakat. Hal ini juga memberi andil pada rendahnya kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan.

Pengabdian masyarakat yang dilakukan sebagian besar tidak melembaga. Bentuk pengabdian masyarakat lainnya yang juga banyak dilakukan oleh para dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Indragi adalah pemberian pelatihan atau ceramah sebagai instruktur pada lembaga/institusi/masyarakat. Selain itu, yang juga dikategorikan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat aalah membimbing mahasiswa magang dan membimbing mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dengan melihat jenis/bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Indragiri kiranya tidak ada yang berhasil ditulis dalam majalah ilmiah. Dalam kenyataannya pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para dosen memang tidak mereka masukan ke dalam majalah ilmiah dan mereka cenderung berusaha untuk mempublikasikan hasil karyanya melalui majalah ilmiah adalah hasilhasil penelitian.

 

Tahun

Judul Kegiatan Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat

Sumber dan Jenis Dana

Jumlah Dana

(dalam Juta Rupiah)

(1)

(2)

(3)

(4)

2011

Workshop dan Bakti Sosial

Universitas Islam Indragiri, Pemda dan KNPI

 

2011

Baksos Mahasiswa

Universitas Islam Indragiri

 

2011

Kegiatan Menyambut 1 Muharram 1432 H

Universitas Islam Indragiri

 

2011

Kegiatan Menyambut bulan suci Ramadhan

Universitas Islam Indragiri

 

2011

Sosialisasi Pembentukan Undang-undang Minuman Keras

Universitas Islam Indragiri

DPRD Inhil

 

2011

Sosialisasi alat Kontrasepsi

Universitas Islam Indragiri

 

2011

Workshop Tentang Bahaya Narkoban & Aids

Universitas Islam Indragiri

 

Jumlah