Program Strategis

17 Februari 2012 | Oleh: Administrator

STRATEGI PENCAPAIAN TUJUAN

Strategi mencapai tujuan dirumuskan melalui rangkaian kebijakan program dan kegiatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Merujuk kepada visi, misi dan tujuan yang dicanangkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Indragiri Tembilahan sebagaimana diuraikan dalam Strategi tersebut dikelompokan ke dalam 3 (tiga) bidang kegiatan yaitu :

A. BIDANG PEMERATAAN DAN PERLUASAN AKSES.

    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memiliki peluang besar untuk mendukung program nasional, bidang peningkatan, pemerataan dan perluasan akses pendidikan bagi masyarakat dalam rangka memenuhi peluang kerja sebagai guru di Sekolah (SD, SLTP dan SMU), khususnya dalam peningkatan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia. Cara strategis untuk memenuhi bidang tersebut, melalui program dan kegiatan sebagai berikut :

1. Pengembangan program pendidikan akademik dan profesi
    a. Membuka program studi baru untuk jenjang program studi Strata I.
    b. Melaksanakan akreditasi untuk prodi yang telah ada.
2. Peningkatan kapasitas kelembagaan dalam rangka daya tampung
    a. Membangun sarana dan prasarana pendidikan.
    b. Mengadakan prasarana pendukung pendidikan.
    c. Meningkatkan efisiensi pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan.
3. Peningkatan kerjasama dengan lembaga mitra untuk meningkatkan lulusan yang berkualitas
    a. Meningkatkan kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten dalam
        rangka program PPL dan tenaga dosen.
    b. Meningkatkan jumlah sekolah mitra untuk mendukung penyeleng-garaan PPL kependidikan.
    c. Meningkatkan jumlah kerjasama dengan organisasi profesi, dan instansi lain
       (KONI dan Pencab olahraga se-Kabupaten Indragiri Hilir) untuk mendukung
       penyelenggaraan program praktek olah-raga dan kegiatan olahraga di
       Kabupaten Indragiri Hilir.
4. Peningkatkan kesempatan yang sama bagi semua peserta didik melalui beasiswa.
    a. Memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan aktivis
        organisasi kemahasiswaan.
    b. Memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi tetapi tidak
        mampu secara ekonomi.

B. BIDANG PENINGKATAN MUTU, RELEVANSI DAN DAYA SAING

   Peningkatan mutu, relevansi dan daya saing diharapkan dapat memberikan dampak bagi terwujudnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Indragiri sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, menghasilkan karya-karya akademik yang relevan dengan kebutuhan pembangunan dan berpotensi meningkatkan peringkat akre-ditasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

1. Pengembangan baku mutu akademik secara berkelanjutan.
   a. Mengembangkan baku mutu bidang pendidikan dan peng-ajaran.
   b. Mengembangkan mutu bidang penelitian dan pengem-bangan.
   c. Mengembangkan mutu bidang pengabdian kepada masya-rakat.
2. Peningkatan pengawasan dan penjaminan mutu.
   a. Mengembangkan mutu akademik, penelitian, pengem-bangan ilmu, mutu
       pengabdian kepada masyarakat.
   b. Mengembangkan sistem penjaminan mutu (input-proses-output).
3. Peningkatan relevansi kurikulum dan kegiatan pembelajaran.
   a. Mengembangkan relevansi kurikulum secara periodik.
   b. Mengembangkan metode-metode pembelajaran inovatif yang mampu
       meningkatan kegiatan pembelajaran.
4. Pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam endidikan.
   a. Meningkatkan efektifitas program sistem informasi akademik.
   b. Mengembangkan media pembelajaran berbasis TIK.
   c. Megembangkan metode pembelajaran berbasis belajar tuntas.
   d. Mengintegrasikan jaringan internet secara menyeluruh.
5. Peningkatan kreativitas, enterpreneurship dan kepemim-pinan mahasiswa.
    a. Meningkatkan kemampuan entrepreneurship mahasiswa.
    b. Meningkatkan kegiatan penalaran mahasiswa.
    c. Meningkatkan layanan kegiatan penunjang kemahasis-waan.
    d. Meningkatkan pembinaan kepemimpinan mahasiswa.
    e. Meningkatkan pembinaan bakat dan minat mahasiswa.
6. Peningkatan mutu pendidikan melalaui proses sertifikasi kompetensi kerohanian.
    a. Meningkatkan jalinan kerja sama dengan berbagai asosiasi pemberi sertifikasi
        kompetensi membaca al-Quran.
    b. Meningkatkan relevansi program-program studi rohani.
7. Peningkatan kualitas pendidikan dan tenaga kependidikan
    a. Meningkatkan jumlah dosen bergelar Master dan Doktor.
    b. Meningkatkan kemampuan dosen berbahasa Inggris.
    c. Meningkatkan pengetahuan dan teknisi labor melalui studi lanjut atau
       pendidikan nongelar.
8. Peningkatan sarana dan prasarana untuk memenuhi baku mutu penyelenggaraan pendidikan.
   a. Meningkatkan jumlah buku teks dan bahan pustaka lainnya.
   b. Meningkatkan jumlah ruang kerja dosen.
   c. Meningkatkan kapasitas ruangan laboratorium.
   d. Meningkatkan layanan akses internet.
   e. Melaksanakan standarisasi kualitas peralatan laboratorium.
   f.  Meningkatkan sarana layanan administrasi akademik dan kemahasiswaan.
9. Peningkatan kerja sama dengan lembaga mitra dan alumni.
   a. Meningkatkan kerja sama pendidikan dan penelitian dengan Perguruan
       Tinggi mitra di dalam negeri.
   b. Meningkatkan kerja sama dengan lembaga mitra (Non Perguruan Tinggi)
       untuk meningkatkan kualitas kegiatan akademik.
   c.  Meningkatkan peran alumni dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan
       kegiatan-kegiatan akademik.
10. Peningkatan jumlah dan mutu penelitian dan kegiatan ilmiah, dan publikasi.
   a. Meningkatkan produktivitas ilmiah melalui kegiatan penelitian, seminar,
         pertemuan ilmiah, dan publikasi di jurnal ilmiah.

C. PENGUATAN TATA KELOLA, AKUNTABILITAS DAN PENCITRAAN PUBLIK

    Penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik meliputi sistem pembiayaan berbasis kinerja pada semua unit/line dalam mengalokasikan sumber daya serta memonitor kinerjanya secara keseluruhan. Penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik diarahkan pada penguatan kapasitas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Indragiri Tembilahan melalui pegembangan mekanisme organisasi untuk mewujudkan organisasi pendidikan yang sehat, mandiri dan otonom.

1. Penataan organisasi kelembagaan.
    a. Meningkatkan efesiensi dan efektivitas kelembagaan melalui penataan
        struktur organisasi, tugas pokok dan fungsi kelembagaan.
    b. Meningkatkan sistem manajemen keuangan dan perencanaan anggaran.
    c. Mengembangkan penataan organisasi dan manajemen sarana dan
       prasarana.
   d. Menata organisasi dan manajemen dibidang monitoring dan evaluasi.
2. Peningkatan sistem manajemen Sumber Daya Manusia.
    a. Meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia.
    b. Mengembangkan sistem manajemen jabatan karier dan kualifikasi tingkat
        pendidikan.
    c. Mengembangkan instrument uraian tugas pekerjaan ma-sing-masing pegawai
        sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
   d. Meningkatkan manajemen kearsipan, data base, dan layan-an administrasi
       kepegawaian.
3. Meningkatkan citra dan layanan publik melalui berbagai media.
    a. Meningkatkan layanan akses informasi dan komunikasi dengan masyarakat
        dan Stake Holders lainnya.
    b. Meningkatkan kualitas kehumasan.
    c. Meningkatkan kualitas penerbitan berkala jurnal ilmiah.
    d. Meningkatkan jumlah dan mutu penerbitan buku ilmiah.

D. PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

    Kebijakan penelitian dan pengembangan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Indragiri difokuskan untuk mendo-rong tumbuhnya penelitian yang bermutu dan dikelola secara baik, sehingga dapat melahirkan berbagai karya penelitian dan inovasi di bidang pendidikan sehingga dapat memperkaya khasanah pengembangan pendidikan untuk masa yang akan datang. Kebijakan di atas diwujudkan dalam sejumlah program sebagai berikut :

1. Menyelenggarakan pelatihan manajemen dan metodologi penelitian.
2. Memfasilitasi pengembangan berbagai jenis penelitian dan kelompok-kelompok
    penelitian dalam berbagai disiplin ilmu dan antar disiplin.
3. Memfasilitasi pengembangan proposal penelitian yang bermutu dan berdaya
    saing tinggi.
4. Menerapkan hasil penelitian untuk meningkatkan mutu pelajaran.
5. Melakukan penelitian berkenaan dengan persoalan-persoalan profe-sionalisme
    guru/pendidik, kepribadian guru/pendidik, yang sesuai dengan moralitas bangsa.
6. Menerbitkan jurnal penelitian ilmiah yang terakreditasi sebagai wadah bagi para
    dosen untuk melaksanakan salat satu Tri Dharma Perguruan Tinggi.

E. PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

   Kebijakan pengabdian kepada masyarakat difokuskan untuk mendorong terwujudnya pengabdian yang bermutu dan sinergis pada masyarakat pendidikan khususnya dan masyarakat luas pada umumnya, sehingga melahirkan kegiatan dan hasil pengabdian yang terkait pada pendidikan dan penelitian, memberdayakan masyarakat, memperkuat kemitraan dengan pemerintah daerah dan pusat serta sektor swasta, menyediakan pelayanan pendidikan di sekolah dan luar sekolah kepada masyarakat luas.

1. Mengembangkan payung program pengabdian kepada masyarakat dan
    melaksanakannya, termasuk yang berbasis hasil penelitian.
2. Mengadakan pelatihan perencanaan program pengabdian kepada masyarakat.
3. Mengembangkan jejaringan kemitraan pengabdian kepada masya-rakat.
4. Mempublikasikan program dan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
5. Melaksanakan program layanan pendidikan masyarakat yang berupakan salah
    satu program pengabdian.